[Trans] Why Sooyoung is my favourite member?

Author translate ini dari hasil browsing ^^ ini post seorang fans lain yang author translate :

Aku bisa mengunjungi berbagai thread di Soshified yang bertanya padaku siapa member favoritku; aku bisa meninggalkan post di topik manapun yang kubuka; Aku menunjukkan ini semua sebagai bentuk dukunganku pada biasku.

Tapi aku tidak percaya seseorang bertanya 2 kata ini padaku : Why Sooyoung?

Aku adalah member resmi SSF selama setahun lebih dan aku menghabiskan semalaman untuk menonton video dimana ada sooyoung, membaca berbagai artikel tentangnya dan berusaha semaksimalku untuk menambah post di bagiannya. Tapi aku sendiri bertanya untuk apa aku melakukan ini semua? Ada apa dengan Choi Sooyoung, kenapa dia tetap menjadi nomor satu bagiku?

Aku tidak tahu cara menggambarkan sosoknya dengan kata-kata. Aku merefleksikan pikiranku dan menyadari hal ini : Choi Sooyoung adalah sosok yang cantik dan dia menunjukkan peri kemanusiaan secara keseluruhan.

Bagiku, Sooyoung adalah salah satu dari orang tercantik yang kutahu selama hidupku. Aku tidak hanya berbicara cantik secara fisik, tapi cantik secara keseluruhan. Aku berusaha sebaik mungkin untuk mengenalnya karena aku adalah fansnya, dan aku mencari tahu banyak hal tentangnya, perhatianku padanya bertambah besar.

Di pandangan pertama, dia terlihat seperti happy-go-lucky girl yang tidak punya masalah apapun di dunia. Kenapa harus dia? Dia adalah member dari salah satu girl band terpopuler di Asia. Dia memiliki keluarga yang mendukungnya, wajah yang anggun, dan figur yang diinginkan banyak perempuan

Tapi, siapa yang pernah berfikir ada sesuatu yang tersembunyi di balik senyumannya? Apakah ada yang pernah bertanya alasan di balik air matanya yang menetes saat ada sesuatu yang menyentuh hatinya?

Satu hal yang terungkap dalam sebuah acara, ibunya mengharapkan anak laki-laki saat ia mengandung Sooyoung. Dan saat dia lahir, ibunya merasa kecewa melihatnya. Selama masa kecilnya, dia dibesarkan seperti anak laki-laki. Rambutnya digunting pendek dan dia memakai baju anak laki-laki. Dan ini belum cukup, Sooyoung harus menghadapi kenyataan dia adalah putri kedua. Di keluarga Korea, menjadi anak kedua penuh dengan harapan. Kamu diharapkan berbuat yang terbaik. Kamu harus mengikuti teladan kakakmu, bahkan melampauinya. Kamu akan dibanding-bandingkan dengan kakakmu. Di kasus Sooyoung, dia memiliki kesulitan yang sangat besar. Kakaknya cantik, bertalenta, dan well mannered. Sangat sulit menjadi seseorang yang lebih baik darinya.

Tapi, apakah dia menanggapi hal itu sebagai sesuatu yang buruk? Apakah dia memberontak untuk melawan keluarganya? Apakah dia membenci ibunya yang membandingkannya dengan kakaknya? Apakah dia meratapi kenyataan ulang tahun pertamanya dirayakan 20 tahun setelah dia lahir?

Satu kata. Tidak

Ini sangat mengagumkan bagiku untuk semua hal tentangnya, seorang gadis yang bisa tertawa menghadapi semuanya. Ini sangat lucu saat tahu dia bisa akrab dengan kakaknya dan dia bisa menangis di sungai saat mereka tidak lama berjumpa.  Ini sangat mengagumkan melihatnya bisa begitu mencintai orang tuanya mengingat ibunya yang pernah tidak menginginkan kehadirannya.

Aku yakin keluarganya yang memiliki peran besar membentuk pribadinya menjadi seperti ini. Sekarang mereka terlihat seperti sebuah keluarga bahagia yang saling mencintai.

Di samping kehidupan keluarga yang rumit, kurasa sooyoung memiliki juga satu masalah : Kehidupan dunia entertaint

Aku pernah membaca sebuah post, dimana penulisnya mengatakan sooyoung adalah member favoritnya yang terakhir karena dia iri dengan member lain. Kurasa kita harus mengenal soal yang satu ini

Bayangkan, kau sudah tergabung di salah satu perusahaan entertaintment Korea di umur yang sangat muda. Kamu dikirim ke luar negeri saat berumur 12 tahun untuk bekerja selama 3 tahun di grup musik. Setelah kontraknya selesai, kamu kembali ke negara asalmu. Setelah memasuki dunia modeling, pekerjaan hosting, CF kamu kembali ke status “trainee”. Setelah lebih dari 2 tahun, perusahaan berkata padamu “Hey! Kita memutuskan setelah 7 tahun kamu dilatih, termasuk waktu yang kamu habiskan di Jepang sebagai artis musik, Kamu akan debut di negara asalmu.”Kamu akan merasa sangat senang, karena akhirnya waktu yang sudah lama kau tunggu tiba! Status “trainee” akan dicabut darimu. Tapi sebelum kamu meloncat karena senang, PD melanjutkan “Tapi kamu akan debut dengan 9 orang dalam sebuah girl band. Dan Oh, kau adalah Supporting Vocalist.”

Kegembiraan itu tertiup sudah.

Ini awalnya tidak mengejutkan bagiku saat Sooyoung berkata dia kaget mendengar akan tergabung dalam SNSD. Sebuah girl band besar dengan 9 member. 9 gadis berbeda dengan kepribadian berbeda. Beberapa di antara mereka sudah menjadi temannya dalam waktu yang lama dan beberapa di antaranya bahkan belum ia temui, 9 gadis berbeda dengan talenta mereka masing-masing akan ditunjukkan pada dunia dengan mimpi yang sama.

Hingga aku menyadari posisinya. Jika aku berada di posisinya, aku mungkin akan keluar. Tapi apakah dia kehilangan keteguhannya? Apa dia menawar agar mendapat bagian yang lebih baik? Tidak. Dia mengambil tantangan untuk mulai dari awal. Untuk tumbuh dengan gadis yang dibicarakan PD itu, bersama. Dia mengambil keputusan itu.

Kita bisa melihat dia berusaha mengembangkan vocalnya dan dancing skillnya. Dengan keadaan keluarganya, dia tidak berfikir negatif, dia mengubah situasi dan menganggap itulah yang terbaik baginya. Itulah Choi Sooyoung yang kulihat.

Dan sekarang, kita lihat 9 gadis itu sekarang. 3 tahun setelah mereka debut, mereka membuat gebrakan yang luar biasa. Mereka adalah satu dalam sebuah nama, So Nyeo Si Dae. Mereka sudah dikenal semua orang. Mereka adalah satu keluarga

Di keluarga ini, ada beberapa peran yang mereka mainkan. Dan aku percaya Sooyoung layak menjadi pembicara dalam group. Dia tahu apa dan kapan ia berbicara. Di beberapa kejadian, dia menggantikan posisi member lain untuk menyelamatkan member itu. Dia diteriaki melakukan operasi plastik saat dia mengatakan terima kasih atas dukungan Sone di dream concert. Namanya hampir selalu muncul sebagai kambing hitam di situasi sulit. Tapi satu hal yang kupercayai, ada satu hal yang paling disukainya, membuat orang yang dia cintai senang.

Dia mengatakan betapa dia ingin Yoona berhenti memanggilnya eonni karena itu merupakan bentuk senioritas, dia ingin Yoona memperlakukannya sebagai seorang teman.

Bukankah dia orang pertama yang melumerkan ice princess di tahun 2001 dan memintanya menjadi temannya?

Kenapa dia tidak peduli seberapa ingin dia menang, dia akan selalu memberi kemenangan pada sang magnae?

Siapa yang memunculkan dorkiest Hyo?

Siapa yang tahu 5 tingkat kemarahan Yuri dan bagian terkecil dari kepribadiannya?

Bagaimana dia bisa berhenti memakan hamburger saat jauh dari korea karena tiba-tiba mengingat sunny yang sangat menyukai makanan itu?

Bukankah dia satu-satunya orang yang bilang jika Fany dan Tae merasa sulit, mereka bisa bercerita padanya? Lihat perhatiannya pada semua membernya? Itu adalah keluarga. Itu adalah cinta.

Aku ingat suatu hari Sooyoung bilang dia mau belajar bermain gitar agar dia bisa bernyanyi “Goodbye Days” untuk pertunjukkan solonya di konser. Saat dia tahu Taeyeon menyanyikan lagu itu untuk musikalnya, apa dia merasa dikhianati? Tidak. Dia bahkan orang pertama yang memberi bunga untuk mendukung temannya itu. Aku percaya di akhir pertunjukkan tidak ada yang menyaingi tepuk tangan dan teriakannya untuk para membernya.

Mereka bilang Sooyoung adalah kepribadian SNSD, aku bilang dia lebih dari itu.

Kepribadian itu umum tapi KARAKTER berarti siapa kamu sebenarnya

Karakter Sooyoung terasah dari bertahun pengalamannya. Kerja keras. Kegagalan dan kesuksesan. Dengan setiap haru bermasalah, dia belajar darinya dan berusaha berbuat yang terbaik dari hal itu. Dari karakter, attitude, itu adalah cermin seseorang seseorang yang paling dihargai.

Dunia ini keras. Terkadang kita kehilangan harapan di sekitar kita. Tapi kurasa akan ada sesuatu yang baik di baliknya, setidaknya kita berusaha dan percaya tidak masalah sesuatu yang buruk terjadi, itu akan membuat kita menjadi yang terbaik dalam kemanusiaan.

Sepertinya, berbuat yang terbaik di hidup ini.

Aku melihat contoh dari SNSD. Betapa mereka berani meraih kesuksesan mereka sekarang. Melihat bagaimana mereka menangis tiap memenangkan penghargaan. Itu adalah milik mereka, tapi mereka menangis bukan karena mereka lemah. Tapi karena mereka tahu itu adalah buah keringat dan air mata mereka. Buah kerja keras mereka. Semua waktu mereka bersama

Dan aku melihat bagaimana member lain selalu memberi mic ke Sooyoung untuk memberi pidato. Mereka percaya sepenuhnya padanya, percaya dia akan mengatakan semua isi perasaan mereka.

Konsentrasinya pada fansnya, orang-orang secara keseluruhan, imannya yang kuat, lemah lembut, dan keinginannya menjadi yang lebih baik.  Kekuatannya untuk hidup. Untuk melanjutkannya. Untuk bertarung sampai akhir. Untuk berkerja keras mendapatkan cita-citanya. Dia membawa sebuah keajaiban. Berjuta hal membuatku mencintainya.

Sooyoung bisa saja memilih jalan lain, tapi dia memilih jalannya yang sekarang. Dan menemukan pasangan yang tepat dalam hidupnya. Dia memiliki keluarga yang mencintainya dan 8 saudari perempuan. Dia menunjukkan dirinya apa adanya.

Dia adalah gadis yang membuatku mencintai SNSD, Gadis yang membuatku beralih dari antis menjadi fan. Dan aku mencintainya karena dia membuatku mencintai member lainnya. Dia berani, kuat, dan rendah hati. Sejujurnya dia lebih muda dariku, tapi perhatian dan karakternya jauh lebih baik dariku. Dia membuatku berfikir untuk memperhatikan orang lain. Dan aku akan melakukan yang terbaik. Untuk menyebarkan cinta sepertinya

Dan jika ada pertanyaan ini : Why Sooyoung?
Maka aku akan menjawab : Why not? :)

cr :Soshified (Bam the Great)

71 thoughts on “[Trans] Why Sooyoung is my favourite member?

  1. Merinding sumpah..
    Spechless..
    Gak tau mau ngmong apa..
    Udah 3 kali lebih baca artikel kaya gini..
    Tapi tetp aja sedih :'(

  2. ahh, sedih bangeett!! aku sampe nangis bacanya karna sooyoung awalnya ngga dihargai dikeluarganya. sooyoung eonnie, love you so much, ngga akan pernah ganti bias karna gua tau sooyoung eonnie baik. cerita penulis sama kaya gua. dulu gua adalah antis dari snsd tapi karna sooyoung eonnie, aku jadi suka snsd, tapi aku bukan sone, aku adalah sooyoungster yang juga mencari tentang snsd. kenapa gua bukan sone? karna ada member snsd yang tak aku sukai :) sooyoung eonnie, aku yakin kedepannya kau pasti akan bahagia kedepannya. ada yang menykitimu aku janji akan menghajar orang itu. saranghae, jeongmal saranghaeyo eonnie ({}) :* ^^ gomawo ya buat yang ngepost, ini kerreenn!! serius dah!! :D

  3. ahh, sedih bangeett!! aku sampe nangis bacanya karna sooyoung awalnya ngga dihargai dikeluarganya. sooyoung eonnie, love you so much, ngga akan pernah ganti bias karna gua tau sooyoung eonnie yg terbaik. cerita penulis sama kaya gua. dulu gua adalah antis dari snsd tapi karna sooyoung eonnie, aku jadi suka snsd, tapi aku bukan sone, aku adalah sooyoungster yang juga mencari tentang snsd. kenapa gua bukan sone? karna ada member snsd yang tak aku sukai :) sooyoung eonnie, aku yakin kedepannya kau pasti akan bahagia kedepannya. ada yang menykitimu aku janji akan menghajar orang itu. saranghae, jeongmal saranghaeyo eonnie ({}) :* ^^ gomawo ya buat yang ngepost, ini kerreenn!! serius dah!! :D

  4. aku ga bisa coment apa2 lagi, emang udah pernah baca ini di slh satu blog tapi gapernah bosen buat suka sm syo unnie, dia bener2 malaikat. kyungho oppa beruntung dapetin syo unnie. hwaiting !!?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s